Contoh RPP Kimia Kelas XI Edisi Revisi Kurikulum 2013 - untuk mata pelajaran kimia, kali ini kita akan membahas satu perangkat pembelajaran yang dibutuhkan oleh bapak dan guru di sekolah. Yang akan kita bahas kali ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
RPP yang akan dipelajari berikut ini hanya sebagai contoh media saja yang mana nanti tentu akan dapat disesuaikan lagi dengan yang dibutuhkan. Diharapkan, dengan adanya contoh seperti ini maka akan lebih mudah bagi bapak dan ibu guru untuk menyiapkan RPP mata pelajaran kimia SMA ini.
1) Rpp fisika k13 revisi 2016 sma
2) Rpp fisika sma kurikulum 2013 doc
3) Rpp sma kurikulum 2013 revisi 2016
4) Rpp ppkn sma kurikulum 2013 revisi 2016
5) Rpp fisika sma kurikulum 2013 revisi 2016
6) Rpp biologi sma kurikulum 2013 revisi 2016
7) Rpp geografi sma kurikulum 2013 revisi 2016
8) Contoh rpp bahasa indonesia sma kurikulum 2013
Dalam contoh ini, materi pokok yang diambil adalah Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi. RPP ini untuk kelas XI semester 1. Agar lebih jelas silahkan pelajari lebih dulu cuplikan sebagian isi rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut seperti di bawah ini.
A. Identitas
Satuan Pendidikan : SMA Negeri
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/ 1 (Ganjil)
Materi Pokok : Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan)
B. Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasar-kan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prose-dural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C. Kompetensi Dasar
1.1. Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2. Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3. Menunjukkan perilaku responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.1. Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
4.1. Menemukan berbagai struktur molekul hidrokarbon dari rumus molekul yang sama dan memvisualisasikannya.
D. Indikator
- Mengagungkan kebesaran Tuhan YME
- Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik untuk semua ciptaan-Nya.
- Rasa Ingin tahu
- Menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon
- Menjelaskan kekhasan atom karbon
- Mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier
- Menjelaskan struktur dan tata nama alkana, alkena, dan alkuna.
E. Tujuan Pembelajaran
1. Menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME.
2. Menumbuhkan kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat manusia melalui kegiatan mengamati tayangan video atau animasi dan kegiatan latihan kelompok/individu yang imajinatif.
3. Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet dan saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan individu.
4. Melalui diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon
5. Melalui diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan kekhasan atom karbon
6. Melalui diskusi dan latihan, siswa dapat mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier
7. Melalui diskusi dan latihan, siswa dapat menjelaskan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
F. Materi
1. Pengertian senyawa hidrokarbon
2. Kekhasan atom karbon
3. Atom karbon primer, sekunder, dan tersier
4. Struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna
G. Strategi Pembelajaran
Model : SOCT (Structure Oriented Chemistry Teaching)
Pendekatan : Lingkungan
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab
H. Media dan Sumber Belajar
1. Media : Papan tulis, laptop, LCD, dan Infokus
2. Sumber Belajar : J.M.C. Johari, M.Sc. dan Ir. M. Rachmawati, M.Phil. 2007. Kimia 1 untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta : esis.
I. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a. Guru mengucapkan salam kepada siswa dengan senyum yang bersahabat/ komunikatif;
b. Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai keyakinan masing-masing;
c. Guru memeriksa kehadiran siswa;
d. Guru melakukan apersepsi dan memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan tentang bahan-bahan apa saja yang dipergunakan/ ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan senyawa karbon;
e. Guru menyampaikan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dan kegiatan pembelajaran hari ini;
f. Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Siswa dalam kelompok diminta untuk mengamati produk-produk kimia dalam kehidupanyang berhubungan dengan senyawa karbon. Kemudian, Siswa dalam kelompok membaca materitentang senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, dan tersier serta struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
b. Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan senyawa karbon. Apa itu senyawa karbon ? Apa saja kekhasan dari atom karbon ?
c. Siswa dalam kelompok diminta mengkaji literatur tentang senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
d. Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing siswa atau kelompok yang masih ada kesulitan.
e. Siswa menyimpulkan tentang senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.
f. Perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil (presentasi) diskusinya dan kesimpulannya dengan tata bahasa yang benar.
g. Guru mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta kelompok lain menjadi penyanggah. Kemudian Kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan menjawab setiap pertanyaan dari kelompok lain.
h. Guru memberikan apresiasi kepada kelompok penyaji dan kelompok lain yang berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru memberikan penegasan pada setiap pokok materi bahasan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
a. Bersama siswa menyimpulkan kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna
b. Melaksanakan evaluasi pembelajaran
c. Memberikan tugas membaca materi selanjutnya untuk pertemuan yang akan datang.
d. Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
J. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Jenis Tagihan : Tugas Individu
2. Alat ukur : Tes Tulis
3. Bentuk : Pilihan Ganda
4. Instrumen Penilaian Kognitif
5. Instrumen Penilaian Sikap
Unduhan
Bagaimana, apakah contoh di atas cukup sesuai dengan yang sedang dibutuhkan? Ya, meski tidak lengkap dan sebagian saja tetapi kami harap contoh di atas bisa menjadi tambahan referensi bagi semua pengunjung.
0 komentar: